Pendidikan
Persiapan Ujian Akhir Semester: Contoh Soal dan Jawaban Tema 5 Kelas 3 ‘Cuaca’ (Lengkap!)

Persiapan Ujian Akhir Semester: Contoh Soal dan Jawaban Tema 5 Kelas 3 ‘Cuaca’ (Lengkap!)

Persiapan Ujian Akhir Semester: Contoh Soal dan Jawaban Tema 5 Kelas 3 ‘Cuaca’ (Lengkap!)

Pendahuluan

Ujian adalah salah satu cara untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. Bagi siswa kelas 3 SD, ujian Tema 5 "Cuaca" merupakan momen penting untuk menunjukkan penguasaan mereka terhadap konsep-konsep dasar mengenai kondisi atmosfer, perubahan cuaca, dampaknya terhadap kehidupan, serta sikap yang tepat dalam menghadapi berbagai situasi cuaca.

Persiapan Ujian Akhir Semester: Contoh Soal dan Jawaban Tema 5 Kelas 3 ‘Cuaca’ (Lengkap!)

Tema "Cuaca" sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari anak-anak. Mereka belajar mengidentifikasi jenis-jenis cuaca, memahami siklus air, hingga menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan terkait perubahan cuaca. Selain itu, tema ini juga mengintegrasikan berbagai mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), sehingga membutuhkan pemahaman yang holistik.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan contoh-contoh soal ujian Tema 5 Kelas 3 yang bervariasi, lengkap dengan jawabannya. Diharapkan, contoh soal ini dapat menjadi panduan efektif bagi siswa untuk berlatih, bagi orang tua untuk mendampingi belajar, dan bagi guru untuk mendapatkan inspirasi dalam menyusun soal ujian. Mari kita selami lebih dalam!

I. Bahasa Indonesia: Memahami Informasi tentang Cuaca

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa diharapkan mampu membaca dan memahami teks informatif tentang cuaca, mengidentifikasi ide pokok, menemukan informasi penting, serta menggunakan kosakata terkait cuaca dengan benar.

A. Pilihan Ganda

  1. Bacalah paragraf berikut!
    "Pagi ini langit terlihat cerah. Matahari bersinar terang, udara terasa hangat. Banyak anak-anak bermain di lapangan. Mereka tampak gembira menikmati hari yang indah."
    Ide pokok dari paragraf di atas adalah…
    a. Anak-anak bermain di lapangan.
    b. Langit pagi yang cerah.
    c. Udara terasa hangat.
    d. Matahari bersinar terang.

  2. Ketika cuaca mendung, biasanya langit akan terlihat…
    a. Biru bersih
    b. Gelap dan banyak awan hitam
    c. Penuh bintang
    d. Sangat terang

  3. Kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi saat hujan lebat dan disertai angin kencang adalah…
    a. Gerimis
    b. Badai
    c. Berawan
    d. Terik

  4. Manakah kalimat berikut yang menggunakan kata keterangan waktu yang tepat untuk cuaca?
    a. Hari ini cuaca hujan kemarin.
    b. Kemarin pagi cuaca cerah.
    c. Besok akan cuaca panas.
    d. Sekarang cuaca lusa.

B. Isian Singkat

  1. Jika kamu melihat awan gelap di langit, kemungkinan sebentar lagi akan terjadi…
  2. Udara terasa sejuk dan banyak embun di pagi hari menunjukkan cuaca yang…
  3. Kata "terik" memiliki arti yang sama dengan…

C. Uraian

  1. Bacalah teks berikut!
    "Cuaca dapat berubah setiap saat. Kadang pagi cerah, siang mendung, sore hujan deras. Perubahan cuaca ini membuat kita harus selalu siap. Misalnya, saat akan bepergian, kita perlu membawa payung atau jaket."
    Menurut teks di atas, mengapa kita perlu selalu siap menghadapi perubahan cuaca? Sebutkan dua contoh persiapan yang bisa dilakukan!
  2. Tuliskan 3 kata sifat yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan cuaca! Berikan contoh kalimat untuk setiap kata!

II. Matematika: Mengukur, Membandingkan, dan Menyajikan Data Cuaca

Pada bagian Matematika, siswa akan berhadapan dengan soal-soal mengenai pecahan, perbandingan sederhana, hingga menyajikan data dalam bentuk yang mudah dipahami, seringkali terkait dengan durasi cuaca atau pembagian waktu.

A. Pilihan Ganda

  1. Dalam seminggu (7 hari), jika 3 hari cuaca cerah, maka pecahan yang menyatakan hari cerah dalam seminggu adalah…
    a. 3/4
    b. 3/7
    c. 4/7
    d. 7/3

  2. Ani membagi sebuah kue menjadi 4 bagian sama besar. Ia memakan 1 bagian. Pecahan yang menunjukkan bagian kue yang dimakan Ani adalah…
    a. 1/2
    b. 1/3
    c. 1/4
    d. 4/1

  3. Manakah pecahan yang nilainya lebih besar dari 1/2?
    a. 1/3
    b. 1/4
    c. 2/3
    d. 2/5

  4. Jika dalam satu hari terdapat 24 jam, dan 6 jam di antaranya adalah waktu hujan, maka pecahan yang menunjukkan waktu hujan dalam satu hari adalah…
    a. 6/12
    b. 1/4
    c. 1/3
    d. 2/6

B. Isian Singkat

  1. Gambar sebuah lingkaran dibagi menjadi 8 bagian sama besar. Jika 5 bagian diarsir, maka pecahan yang menunjukkan bagian yang diarsir adalah…
  2. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil: 1/5, 1/2, 1/3.
  3. Di sebuah desa, 2/5 warganya adalah petani. Jika jumlah total warga adalah 100 orang, berapa banyak warga yang bukan petani?

C. Uraian

  1. Buatlah sebuah diagram batang sederhana yang menunjukkan jumlah hari cerah, mendung, dan hujan dalam satu minggu. (Contoh: Cerah 4 hari, Mendung 2 hari, Hujan 1 hari).
  2. Ayah memiliki sebidang tanah. 1/3 bagian ditanami jagung, 1/4 bagian ditanami padi, dan sisanya untuk rumah.
    a. Bagian mana yang lebih luas, jagung atau padi?
    b. Jika bagian untuk rumah adalah 5/12, gambarlah sebidang tanah tersebut dan tunjukkan pembagiannya dengan pecahan.

III. PPKn: Sikap dalam Keberagaman dan Menjaga Lingkungan Terkait Cuaca

Dalam PPKn, siswa diajak untuk memahami pentingnya persatuan dalam keberagaman, sikap tolong-menolong, serta tanggung jawab terhadap lingkungan, terutama dalam menghadapi dampak cuaca.

A. Pilihan Ganda

  1. Temanmu sangat suka bermain saat cuaca cerah, sedangkan kamu lebih suka saat cuaca sejuk dan berawan. Sikap yang baik adalah…
    a. Memaksa teman untuk ikut bermain saat berawan.
    b. Mengejek teman karena berbeda kesukaan.
    c. Menghargai perbedaan kesukaan dan tetap berteman baik.
    d. Menjauhi teman karena berbeda pendapat.

  2. Saat terjadi banjir akibat hujan deras, sikap yang paling tepat adalah…
    a. Hanya memikirkan diri sendiri.
    b. Membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.
    c. Menyalahkan hujan yang turun.
    d. Diam saja dan menunggu bantuan datang.

  3. Menjaga kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, adalah contoh perilaku yang dapat…
    a. Menyebabkan banjir saat hujan deras.
    b. Mencegah terjadinya banjir saat hujan deras.
    c. Membuat cuaca semakin panas.
    d. Tidak berpengaruh pada lingkungan.

  4. Sikap bersyukur kepada Tuhan atas segala jenis cuaca yang diberikan dapat ditunjukkan dengan cara…
    a. Mengeluh saat cuaca tidak sesuai keinginan.
    b. Menikmati setiap cuaca dan menjaganya.
    c. Hanya bersyukur saat cuaca cerah.
    d. Tidak peduli dengan perubahan cuaca.

B. Isian Singkat

  1. Meskipun kita memiliki kesukaan cuaca yang berbeda dengan teman, kita harus tetap menjaga…
  2. Gotong royong membersihkan selokan saat musim hujan dapat mencegah terjadinya…
  3. Tindakan membantu korban bencana banjir adalah contoh pengamalan sila ke-… Pancasila.

C. Uraian

  1. Jelaskan mengapa kita harus saling tolong-menolong saat terjadi bencana alam seperti banjir atau tanah longsor akibat cuaca ekstrem!
  2. Bagaimana cara kamu menunjukkan sikap bersyukur atas cuaca yang beragam di Indonesia? Berikan dua contoh!

IV. SBdP (Seni Budaya dan Prakarya): Mengekspresikan Cuaca Melalui Seni

Dalam SBdP, siswa diharapkan mampu mengekspresikan pemahaman tentang cuaca melalui berbagai bentuk seni, seperti menggambar, mewarnai, atau membuat karya sederhana.

A. Pilihan Ganda

  1. Jika kamu ingin menggambar pemandangan saat cuaca cerah, warna yang paling dominan untuk langit adalah…
    a. Abu-abu
    b. Biru
    c. Hitam
    d. Cokelat

  2. Alat musik yang paling tepat untuk menggambarkan suara rintik hujan adalah…
    a. Gendang besar
    b. Seruling
    c. Marakas atau shaker
    d. Piano

  3. Kerajinan tangan sederhana yang bisa dibuat untuk menggambarkan cuaca hujan adalah…
    a. Membuat kincir angin.
    b. Menggambar matahari tersenyum.
    c. Membuat awan dari kapas dan menempelkan rintik hujan dari kertas.
    d. Membuat gunung berapi.

  4. Lagu anak-anak yang memiliki tema tentang cuaca adalah…
    a. Naik Delman
    b. Tik Tik Bunyi Hujan
    c. Balonku Ada Lima
    d. Pelangi

B. Isian Singkat

  1. Saat menggambar cuaca mendung, kita dapat menggunakan warna gelap seperti abu-abu dan…
  2. Jika ingin membuat suara petir secara sederhana, kita bisa menggunakan lembaran…
  3. Guntingan kertas berwarna kuning berbentuk lingkaran dapat melambangkan…

C. Uraian

  1. Jelaskan langkah-langkah sederhana untuk membuat kolase awan dan petir dari kapas dan kertas berwarna!
  2. Bagaimana kamu akan mengekspresikan cuaca panas terik melalui sebuah gambar? Jelaskan objek-objek dan warna yang akan kamu gunakan!

V. PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan): Aktivitas dan Kesehatan di Berbagai Cuaca

Mata pelajaran PJOK mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan kondisi cuaca, serta memahami risiko dan pencegahannya.

A. Pilihan Ganda

  1. Aktivitas fisik yang paling cocok dilakukan di luar ruangan saat cuaca cerah adalah…
    a. Bermain bola di lapangan.
    b. Bermain di genangan air.
    c. Tidur di rumah.
    d. Menonton TV.

  2. Ketika cuaca dingin atau hujan, untuk menjaga kesehatan, kita sebaiknya…
    a. Memakai pakaian tipis.
    b. Berdiam diri di rumah dan minum minuman hangat.
    c. Bermain hujan-hujanan.
    d. Memakai sandal jepit.

  3. Pakaian yang tepat digunakan saat cuaca panas adalah…
    a. Jaket tebal
    b. Baju lengan panjang dan celana panjang tebal
    c. Baju yang tipis dan menyerap keringat
    d. Selimut

  4. Berikut ini adalah bahaya yang mungkin terjadi jika bermain hujan-hujanan terlalu lama, kecuali…
    a. Flu
    b. Demam
    c. Masuk angin
    d. Otot menjadi kuat

B. Isian Singkat

  1. Untuk mencegah dehidrasi saat cuaca panas, kita harus banyak minum…
  2. Saat akan berolahraga di bawah terik matahari, kita perlu menggunakan topi atau…
  3. Jika cuaca sangat dingin, minuman yang paling baik untuk menghangatkan tubuh adalah…

C. Uraian

  1. Sebutkan tiga jenis aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan di dalam rumah saat cuaca hujan!
  2. Jelaskan mengapa kita harus berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan ketika cuaca berangin kencang! Apa saja yang perlu dihindari?

Kunci Jawaban

I. Bahasa Indonesia
A. Pilihan Ganda

  1. b. Langit pagi yang cerah.
  2. b. Gelap dan banyak awan hitam
  3. b. Badai
  4. b. Kemarin pagi cuaca cerah.

B. Isian Singkat

  1. Hujan
  2. Sejuk / Dingin
  3. Panas sekali / Sangat panas

C. Uraian

  1. Kita perlu selalu siap karena cuaca dapat berubah setiap saat dan tiba-tiba, sehingga bisa memengaruhi rencana atau kegiatan kita. Dua contoh persiapan: membawa payung dan membawa jaket.
  2. Contoh kata sifat:
    • Cerah: "Pagi ini cuaca sangat cerah, cocok untuk berjemur."
    • Mendung: "Langit terlihat mendung, sepertinya sebentar lagi akan hujan."
    • Berangin: "Cuaca hari ini cukup berangin, hati-hati saat mengendarai sepeda."
    • (Jawaban lain yang relevan seperti: panas, dingin, hujan, sejuk, terik juga bisa diterima)

II. Matematika
A. Pilihan Ganda

  1. b. 3/7
  2. c. 1/4
  3. c. 2/3 (karena 2/3 = 0.66, sedangkan 1/2 = 0.5)
  4. b. 1/4 (6 jam dari 24 jam = 6/24 = 1/4)

B. Isian Singkat

  1. 5/8
  2. 1/5, 1/3, 1/2
  3. 60 orang (2/5 petani = 40 orang. Sisanya 3/5 = 60 orang)

C. Uraian

  1. (Contoh diagram batang sederhana)
    • Sumbu horizontal: Jenis Cuaca (Cerah, Mendung, Hujan)
    • Sumbu vertikal: Jumlah Hari (0-7)
    • Batang Cerah: setinggi 4
    • Batang Mendung: setinggi 2
    • Batang Hujan: setinggi 1
  2. a. Jagung (1/3) lebih luas dari padi (1/4), karena 1/3 > 1/4.
    b. (Gambar sebidang tanah, misalnya persegi panjang, dibagi menjadi 12 bagian. 4 bagian diarsir untuk jagung (1/3), 3 bagian untuk padi (1/4), dan 5 bagian sisanya untuk rumah (5/12)).

III. PPKn
A. Pilihan Ganda

  1. c. Menghargai perbedaan kesukaan dan tetap berteman baik.
  2. b. Membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.
  3. b. Mencegah terjadinya banjir saat hujan deras.
  4. b. Menikmati setiap cuaca dan menjaganya.

B. Isian Singkat

  1. Kerukunan / persahabatan
  2. Banjir
  3. Kedua (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab) atau Kelima (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia) – keduanya relevan.

C. Uraian

  1. Kita harus saling tolong-menolong karena bencana alam dapat menyebabkan kerugian besar dan banyak orang membutuhkan bantuan. Dengan tolong-menolong, beban korban dapat diringankan, dan pemulihan dapat berjalan lebih cepat. Ini juga menunjukkan rasa kemanusiaan dan persatuan.
  2. Dua contoh sikap bersyukur:
    • Menjaga kebersihan lingkungan agar tidak terjadi banjir saat hujan.
    • Menggunakan setiap kondisi cuaca untuk kegiatan yang bermanfaat, misalnya berjemur saat cerah untuk kesehatan, atau belajar di rumah saat hujan.

IV. SBdP
A. Pilihan Ganda

  1. b. Biru
  2. c. Marakas atau shaker
  3. c. Membuat awan dari kapas dan menempelkan rintik hujan dari kertas.
  4. b. Tik Tik Bunyi Hujan

B. Isian Singkat

  1. Hitam / Abu-abu
  2. Plastik / Kertas karton tebal
  3. Matahari

C. Uraian

  1. Langkah-langkah sederhana membuat kolase awan dan petir:
    • Siapkan kertas dasar (misalnya biru muda), kapas, kertas kuning/putih, lem, dan gunting.
    • Bentuk kapas menjadi gumpalan-gumpalan seperti awan, lalu tempelkan di kertas dasar.
    • Gunting kertas kuning/putih membentuk zig-zag atau lancip seperti petir.
    • Tempelkan bentuk petir di bawah awan.
    • (Opsional: bisa ditambahkan rintik hujan dari potongan kertas kecil berwarna biru).
  2. Untuk mengekspresikan cuaca panas terik, saya akan menggunakan objek:
    • Matahari yang besar dan bersinar sangat terang di tengah langit.
    • Orang-orangan yang memakai topi atau kacamata hitam, berkeringat, atau sedang minum air.
    • Pohon atau tumbuhan yang terlihat agak layu.
    • Tanah yang retak-retak.
      Warna yang akan saya gunakan adalah:
    • Kuning, oranye, dan merah terang untuk matahari dan langit di sekitarnya.
    • Warna-warna terang untuk pakaian orang.
    • Warna coklat muda atau abu-abu untuk tanah.
    • Warna hijau pucat atau kekuningan untuk tumbuhan.

V. PJOK
A. Pilihan Ganda

  1. a. Bermain bola di lapangan.
  2. b. Berdiam diri di rumah dan minum minuman hangat.
  3. c. Baju yang tipis dan menyerap keringat
  4. d. Otot menjadi kuat

B. Isian Singkat

  1. Air putih
  2. Kacamata hitam
  3. Teh hangat / Cokelat panas / Sup hangat

C. Uraian

  1. Tiga jenis aktivitas fisik di dalam rumah saat hujan:
    • Senam atau peregangan ringan.
    • Bermain lompat tali di tempat yang luas.
    • Menari mengikuti irama musik.
    • (Contoh lain: bermain kejar-kejaran ringan, push-up, sit-up sederhana).
  2. Kita harus berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan ketika cuaca berangin kencang karena:
    • Angin kencang dapat menerbangkan benda-benda ringan yang bisa mengenai kita (misalnya ranting pohon, sampah, atau papan reklame yang tidak kokoh).
    • Dapat membuat kita kehilangan keseimbangan, terutama saat bersepeda.
    • Pohon bisa tumbang.
    • Yang perlu dihindari adalah: bermain di dekat pohon besar, tiang listrik, atau bangunan yang rapuh; mengendarai sepeda terlalu cepat.

Tips Sukses Menghadapi Ujian Tema 5 ‘Cuaca’

  1. Pahami Konsep, Bukan Hanya Hafal: Cobalah untuk benar-benar mengerti mengapa cuaca bisa berubah, bagaimana pecahan bekerja, mengapa penting menjaga kerukunan, dan lain-lain.
  2. Baca Buku Paket dan Catatan: Buku paket adalah sumber utama. Baca kembali dengan seksama dan perhatikan bagian-bagian penting.
  3. Latihan Soal: Semakin banyak berlatih soal, semakin terbiasa kamu dengan berbagai jenis pertanyaan.
  4. Tanyakan Jika Tidak Paham: Jangan ragu bertanya kepada guru atau orang tua jika ada materi yang belum kamu mengerti.
  5. Jaga Kesehatan: Tidur cukup, makan makanan bergizi, dan minum air yang banyak agar tubuh tetap fit dan pikiran segar saat ujian.
  6. Atur Waktu Belajar: Buat jadwal belajar yang teratur, tidak hanya mendekati waktu ujian.
  7. Tenang Saat Ujian: Bacalah setiap soal dengan teliti, jawab dengan percaya diri, dan periksa kembali jawabanmu sebelum dikumpulkan.

Kesimpulan

Ujian Tema 5 "Cuaca" bagi siswa kelas 3 SD adalah kesempatan untuk menunjukkan pemahaman mereka tentang fenomena alam yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, serta keterampilan dasar dalam berbagai mata pelajaran. Dengan persiapan yang matang, latihan soal yang cukup, dan sikap belajar yang positif, diharapkan siswa dapat menghadapi ujian dengan tenang dan meraih hasil yang terbaik. Ingatlah, tujuan utama belajar adalah memahami dan menerapkan ilmu, bukan hanya sekadar nilai. Selamat belajar dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *